Mar 10, 2013

Nyepi (Danan,12,VIA)


Nyepi adalah Bali "Hari of Silence" yang diperingati setiap Isaawarsa (Saka baru tahun) menurut kalender Bali (tahun 2012, itu jatuh pada tanggal 23 Maret). Ini adalah perayaan Hindu terutama dirayakan di Bali, Indonesia. Nyepi, liburan Pemerintah di Indonesia, adalah hari keheningan, puasa dan meditasi untuk Bali. Hari Raya Nyepi berikut juga dirayakan sebagai tahun baru. [1] [2]
Diamati dari pukul 6 pagi sampai 6 pagi keesokan harinya, Nyepi adalah hari dicadangkan untuk refleksi diri dan dengan demikian, apa pun yang mungkin mengganggu tujuan itu dibatasi. Pembatasan utama adalah: kebakaran pencahayaan tidak ada (dan lampu harus tetap rendah), tidak bekerja, tidak ada hiburan atau kesenangan, tidak bepergian, dan bagi sebagian orang, tidak berbicara atau makan sama sekali. Efek dari larangan ini adalah bahwa jalan-jalan Bali biasanya ramai dan jalan yang kosong, ada suara sedikit atau tidak ada dari TV dan radio, dan beberapa tanda-tanda aktivitas terlihat bahkan di dalam rumah. Satu-satunya orang yang terlihat di luar adalah, pecalang petugas keamanan tradisional yang berpatroli di jalan-jalan untuk memastikan larangan sedang diikuti.
Meskipun Nyepi adalah hari libur terutama Hindu, penduduk non-Hindu Bali merayakan hari keheningan juga, karena menghormati sesama warga mereka. Bahkan wisatawan tidak dibebaskan, meskipun bebas untuk melakukan apa yang mereka inginkan di dalam hotel mereka, tidak ada yang diperbolehkan ke pantai atau jalan-jalan, dan satu-satunya bandara di Bali tetap tertutup untuk sepanjang hari. Satu-satunya pengecualian diberikan adalah untuk kendaraan darurat membawa mereka dengan kondisi yang mengancam jiwa dan perempuan hendak melahirkan.
Pada hari setelah Nyepi, yang dikenal sebagai Ngembak Geni, kegiatan sosial mengambil kembali dengan cepat, karena keluarga dan teman-teman berkumpul untuk meminta pengampunan dari satu sama lain, dan untuk melakukan ritual keagamaan tertentu bersama-sama.

Nama : Danan
Kelas : VI A
No : 12

0 komentar:

Post a Comment

DAFTAR ISI



By COMANK