Jun 13, 2012


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

I. Identitas

Nama Sekolah : SDN 11 Jimbaran

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/Semester : V/I

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

II. Standar Kompetensi

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

III. Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

IV. Indikator pencapaian kompetensi

1.1.1 Mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia

1.1.2 Menunjukkan nama-nama organ pernapasan pada manusia

1.1.3 Menulis nama-nama organ pernapasan pada manusia

1.1.4 Menjelaskan fungsi organ pernapasan pada manusia

V. Tujuan Pembelajaran

- Mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia

- Menunjukkan nama-nama organ pernapasan manusia

- Mencatat nama-nama organ pernapasan manusia

- Menjelaskan fungsi organ pernapasan manusia

VI. Materi Ajar

Alat pernapasan pada manusia

VII. Tujuan Karakter

1. Disiplin

2. Kerja Keras

3. Kreatif

4. Mandiri

5. Rasa ingin tahu

6. Bertanggung jawab

VIII. Strategi Pembelajaran

a. Pendekatan : CTL, PAIKEM, EEK

b. Model : Pembelajaran langsung

c. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab

IX. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan pendahuluan (5 menit)

- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran

- Mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya dengan

materi yang akan diajarkan

- Menjelaskan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar yang akan dicapai

- Menyiapkan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus

2. Kegiatan Inti (30 menit)

A. Eksplorasi

- Siswa mengamati model (gambar) saluran pernapasan manusia

- Siswa menunjukkan organ pernapasan manusia melalui gambar

- Siswa mencari informasi mengenai nama-nama organ pernapasan manusia

- Siswa dapat menyebutkan fungsi organ pernapasan pada manusia

B. Elaborasi

Melalui lks siswa dapat menulis nama-nama organ pernapasan manusia

















C. Konfirmasi

- Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas

- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,

isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik

- Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik

melalui berbagai sumber

- Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam

mencapai kompetensi dasar

- Guru berfungsi sebagai narasumber dan fasalitator dalam menjawab pertanyaan

yang mengalami kesulitan belajar

- Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpatisipasi aktif

- Guru menyimpulkan materi tentang alat pernapasan pada manusia

3. Kegiatan Penutup

- Bersama peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran

- Memberikan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan siswa

- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dan member PR

X. Sarana dan Sumber Bahan

- Buku IPA kelas V, Yudhistira

- Gambar alat pernapasan manusia

XI. Penilaian

Teknik penilaian : Test tertulis

Bentuk penilaian : Objektif test
EVALUASI
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik dan benar!
1. Bernapas adalah proses menghirup…..dan mengeluarkan.
2. Pada hidung terdapatbulu-bulu hidung yang berfungsi untuk…..
3. Yang termasuk alat pernapasan pada manusia adalah…..(sebutkan 3).
4. Di dalam dada terdapat batang tenggorokan yang bercabang dua yang disebut dengan…..
5. Pada ujung bronkiolus terdapat kantung-kantung udara kecil yang disebut dengan…..

SKOR PENILAIAN
No.
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
Total
10


Tindak lanjut : Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan diadakan remidi dan bagi yang sudah akan diberikan pengayaan.

Mengetahui Singaraja,………………2012

Guru Kelas




Dra. Ni Ketut Armini

NIP. 196411041988032016




0 komentar:

Post a Comment

DAFTAR POSTINGAN



By COMANK