Nov 22, 2015

LOMBA PRAMUKA TERGIAT GUGUSDEPAN BADUNG 06.021-06.022, TINGKAT PROPINSI BALI



Latar Belakang Terbentuknya Satuan Gugusdepan Badung 06.021-06.022
Berkembangnya sektor pariwisata di wilayah Badung bagian selatan berdampak meningkatnya populasi penduduk di wilayah ini.
Seiring pesatnya kemajuan pariwisata maka pelayanan di sektor pendidikan juga melonjak tajam. Dibagun beberapa perumahan penduduk dibarengi juga dibangun sekolah-sekolah baik dari tingkat TK, SD, SMP, SMK/SMA dan dipusatkan juga Sekolah Tinggi Pariwisata/STP Bali.

Era tahun 1990 bermunculan perumahan-perumahan di Kuta Selatan, salah satunya Perumahan Taman Griya yang terletak di sebelah timur kampus udayana, dan dekat pula dengan kampus STP Bali. Fasilitas umum yang disediakan oleh PT. Nuansa Bali Utama maka dibangunlah Sekolah Dasar diwilayah Tamn Griya, yaitu SD No. 11 Jimbaran, yang mulai beroprasi 16 Juli 1992, dengan jumlah siswa 25 orang. Tahun ke-2, tahun ke-3, tahun ke-4, dan tahun 1997 saat itu siswa kelas IV berjumlah 40 orang dibentuklah Pramuka Siaga, dengan Pembina Bapak I Wayan Merta, Bapak Gede Ketut Suirta, Mabigusnya I Wayan Bona, dengan Gugusdepan 023 dan 024.
Kegiatan kepramukaan saat itu sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswa yang tinggal di perumahan taman griya yang bersekolah di sekolah lain banyak yang pindah ke SD No. 11 Jimbaran. Tahun berganti tahun jumlah siswa terus bertambah, kegiatan pramuka pun semakin semarak, siswa mengikuti berbagai Even Kepramukaan seperti Jambore Cabang, LT dan banyak lagi. Salah satu alumni siswa SD No. 11 Jimbaran yang ikut Jambore Nasional adalah Putu Tiwika dan Resa. Berbagai prestasi dapat diraih siswa-siswa SD No. 11 Jimbaran baik tingkat guugus, kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun nasional.
Prestasi itu diraih tentu dengan modal disiplin. Nilai-nilai kedisiplinan ditanamkan melalui kegiatan kepramukaan .
Tahun 2013-2014 SD No. 11 Jimbaran ditunjuk sebagai piloting pelaksanaan Kurikulum 2013, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 57 tahun 2014 tentan Kurikulum 2013. Pendidikan Kepramukaan adalah pendidikan wajib baik berupa intra kulikuler dan ekstra kulikuler  dari kelas I s/d kelas VI.
Saat ini Gugusdepan 06.021-06.022 (mengalami perubahan nomor tahun 2011) yang berpangkalan di SD no. 11 Jimbaran berjalan dengan baik yang dibina oleh guru-guru kelas masing-masing dan pembina-pembina ekstra kulikuler yang telah mengikuti Kursus Mahir Dasar.


3 bulan sebelum lomba guru" dan pegawai sudah mulai mengerjakan 9 standar administrasi gugusdepan, 9 standar tersebut yaitu:
1. Data Keanggotaan
     - 1.1 jumlah perindukan siaga
     - 1.2 pembina perindukan
     - 1.3 majelis pembimbing
2. Standar Administrasi Gugusdepan
3. Standar Pengelolaan Gudep
4. Standar Kompetensi Pembina
5. Standar Kegiatan
6. Standar Pencapaian SKU-SKK-SP Garuda
7. Standar Sarana Prasarana
8. Pengalaman Pembina Mengikuti Kegiatan Pada Bidang Pendidikan,  
    Sosial dan Keagamaan
9. Penghargaan dan Prestasi Gugusdepan


     Selain mengerjakan 9 standar tersebut beberapa guru dan pegawai yang bbelum memiliki sertifikat Pembina Pramuka ditunjuk untuk mengikuti KMD Mandiri yang diselenggarakan oleh 3 Sekolah di Kuta Selatan yaitu, SD No. 11 Jimbaran, SMP Negeri 4 Kuta Selatan, dan SMK Negeri 1 Kuta Selatan


H-1 guru-guru dan pegawai bertambah semangat untuk merampungkan semua kekurangan pada administrasi serta gladi pelaksanaan UPLAS dilapangan, dengan harapan agar hasil ketika lomba dapat berjalan dengan lancar dan sukses.






























Guru-guru dan pegawai bekerjasama mengerjakan administrasi untuk lomba gugusdepan, selain serius mengerjakan administrasi guru-guru juga bercanda ria agar suasana tidak terlalu tegang.















Penyambutan tim penilai oleh seluruh keluarga besar SD No. 11 Jimbaran dengan menyanyikan yel yang diciptakan  oleh guru-guru yang berjudul SDku Sebelas
Ketika Tim Penilai serta udangan memasuki ruangan  para siswi-siswi yang telah berias siap untuk menampilkan hiburan yaitu tarian maskot Kota Badung yang disebut tarian Sekar Jepun.
Acara dilanjutkan dengan sambutan Kamabigus dan penyerahan Profil Gugusdepan Badung 06.021-06.022




Setelah acara diruangan penerimaan tamu selesai Tim Penilai membagi diri untuk menilai dilapangan dan menilai di tempat peletakan 9 standar administrasi Gugesdepan, kemudian tim penilai dipersilahkan memasuki ruang toga untuk mencicipi jamu hasil racikan dari guru-guru dan siswa-siswa pramuka.





0 komentar:

Post a Comment

DAFTAR ISI



By COMANK