Jul 26, 2012
Website yang secara khusus membahas tentang TIK
Jul 25, 2012
Standar Proses Pembelajaran by Dra. Ketut Armini dkk
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan nasional. Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Terkait dengan visi tersebut telah ditetapkan serangkaian prinsip penyelenggaraan pendidikan untuk dijadikan landasan dalam pelaksanaan reformasi pendidikan. Salah satu prinsip tersebut adalah pendidikan diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Dalam proses tersebut diperlukan guru yang memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Implikasi dari prinsip ini adalah pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efisien.
Mengingat kebhinekaan budaya, keragaman latar belakang dan karakteristik peserta didik, serta tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran harus fleksibel, bervariasi, dan memenuhi standar. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan salah satu standar yang harus dikembangkan adalah standar proses. Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi lulusan. Standar proses berisi kriteria minimal proses pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar proses ini berlaku untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah pada jalur formal, balk pada sistem paket maupun pada sistem kredit semester.
Standar proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Selengkapnya >>>Download Now<<<
Jul 20, 2012
Jul 18, 2012
Jadwal pelajaran kelas TP. 2012/2013 SDN 11 Jimbaran
JADWAL PELAJARAN KELAS VI TP. 2012/2013 SDN 11 JIMBARAN
Jul 17, 2012
Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian
Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian
1 Persiapan UASBN
a. Tiga puluh (30 ) menit sebelum ujian dimulai Pengawas Ruang UASBN telah hadir di lokasi sekolah / madrasah penyelenggara UASBN
b. Pengawas Ruang UASBN menerima penjelasan dan pengarahan dari ketua Penyelenggara UASBN
c. Pengawas Ruang UASBN, LJUASBN, Amplop, LJUASBN, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan UASBN
2. Pelaksanaan UASBN
a. Pengawas Ruang UASBN masuk ke dalam ruang UASBN 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang ujian
b. Pengawas Ruang UASBN meminta peserta UASBN untuk memasuki ruang UASBN dengan menunjukkan kartu peserta UASBN, menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan
c Pengawas Ruang UASBN memeriksa setiap peserta UASBN untuk tidak membawa tas , buku atau catatan lain , alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang UASBN kecuali alat tulis yng akan dipergunakan
d. Pengawas Ruang UASBN membacakan Tata Tertib UASBN
e. Pengawas Ruang UASBN meminta peserta ujian menandatangani Daftar Hadir UASBN.
f. Pengawas Ruang UASBN membagikan LJUASBN kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta UASBN ( nomor ujian , nama tanggal lahir, dan tanda tangan ) sebelum waktu UASBN dimulai
g. Setelah seluruh peserta UASBN selesai mengisi identitas , Pengawas Ruang UASBN membuka amplop soal , memeriksa kelengkapan bahan ujian , dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat ( disegel ). Disaksikan oleh peserta ujian .
h. Pengawas Ruang UASBN membagikan naskah Soal UASBN dengan cara meletakkan di atas meja peserta UASBN dalam posisi tertutup ( terbalik ). Peserta UASBN tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu UASBN dimulai.
i. Pengawas Ruang UASBN mengecek kelengkapan soal UASBN.
j. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai , Pengawas Ruang UASBN mempersilahkan Peserta UASBN untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal .
k. Kelebihan naskah soal UASBN selama ujian berlangsung tetap disimpan di ruang ujian.
l. Selama UASBN berlangsung . Pengawas Ruang UASBN wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang UASBN.
m. Pengawas Ruang UASBN dilarang memberi isyarat, petunjuk dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal UASBN yang diujikan.
n.
o. Setelah waktu UASBN selesai, pengawas ruang UASBN mempersilahkan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUASBN dan naskah soal UASBN. Peserta UASBN dipersilahkan meninggalkan ruang ujian, setelah pengawas menghitung jumlah LJUASBN sama dengan jumlah peserta UASBN.
p. Pengawas Ruang UASBN menyusun secara urut LJUASBN dari Nomor Peserta terkecil dan memasukkannya kedalam amplop LJUASBN disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh pengawas ruang UASBN di dalam ruang ujian.
q. Pengawas Ruang UASBN menyerahkan LJUASBN dan naskah soal UASBN kepada Penyelenggara UASBN Tingkat Sekolah /Madrasah disertai dengan Berita Acara pelaksanaan UASBN.
Siswa SDN 11 Jimbaran Harumkan Bali
OSN IX di Medan "BALI RAIH EMPAT EMAS"
Blog Kumpulan Ilmu | Contoh Makalah/Artikel | Seputar Informasi Terkini
Blog Kumpulan Ilmu | Contoh Makalah/Artikel | Seputar Informasi Terkini
Silakan klik link diatas untuk menuju ke homepage atau klik link dibawah untuk menuju langsung ke posting >>>LINK<<<
Contoh Surat Ijin Berkunjung
Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai sejarah khususnya yang berada di Bali, maka dipandang perlu untuk memperkenalkannya secara langsung kepada siswa. Oleh karena itu kami SDN 11 Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung bermaksud untuk berkunjung ke Istana Presiden Tampak Siring pada hari kamis, 7 Juni 2012 dengan jumlah rombongan 7 bus ( ±285 orang ).
Selengkapnya >>Download Now<<
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA
I. Identitas
Nama Sekolah : SDN 11 Jimbaran
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/IAlokasi Waktu : 2 x 35 menit
II. Standar Kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
III. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
IV. Indikator pencapaian kompetensi
1.1.1 Mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia
1.1.2 Menunjukkan nama-nama organ pernapasan pada manusia
1.1.3 Menulis nama-nama organ pernapasan pada manusia
1.1.4 Menjelaskan fungsi organ pernapasan pada
manusia
V. Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia
- Menunjukkan nama-nama organ pernapasan manusia
- Mencatat nama-nama organ pernapasan manusia
- Menjelaskan fungsi organ pernapasan manusia
VI. Materi AjarAlat pernapasan pada manusia
VII. Tujuan Karakter
1. Disiplin
2. Kerja Keras
3. Kreatif
4. Mandiri
5. Rasa ingin tahu
6. Bertanggung jawab
VIII. Strategi Pembelajarana. Pendekatan : CTL, PAIKEM, EEK
b. Model : Pembelajaran langsung
c. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
IX. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan (5 menit)
- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan diajarkan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
/kompetensi dasar yang akan dicapai
- Menyiapkan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
2. Kegiatan Inti (30 menit)
A. Eksplorasi
- Siswa mengamati model (gambar) saluran pernapasan manusia
- Siswa menunjukkan organ pernapasan manusia melalui gambar
- Siswa mencari informasi mengenai nama-nama organ pernapasan manusia
- Siswa dapat menyebutkan fungsi organ pernapasan pada manusia
B. Elaborasi
Melalui lks siswa dapat menulis nama-nama organ pernapasan manusia
C. Konfirmasi
- Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
- Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber- Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar
- Guru berfungsi sebagai narasumber dan fasalitator dalam menjawab pertanyaan
yang mengalami kesulitan belajar
- Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpatisipasi aktif
- Guru menyimpulkan materi tentang alat pernapasan pada manusia
3. Kegiatan Penutup- Bersama peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
- Memberikan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan siswa
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dan member PR
X. Sarana dan Sumber Bahan
- Buku IPA kelas V, Yudhistira
- Gambar alat pernapasan manusia
XI. Penilaian
Teknik penilaian : Test tertulis
Bentuk penilaian : Objektif test
Disusun oleh :
Dra. Ni Ketut Armini
NIP. 196411041988032016
Guru SD No. 11 Jimbaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
I. Identitas
Nama Sekolah : SDN 11 Jimbaran
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
II. Standar Kompetensi
1. Menghargai peninggalan dan berbagai tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Buddha dan Islam. Keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
III. Kompetensi Dasar
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
IV. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1 Mengidentifikasi pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
1.3.2 Menunjukkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
1.3.3 Menyebutkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
V. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan peta Indonesia, siswa dapat menjelaskan dasarpembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
2. Menunjukkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
3. Menyebutkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
VI. Materi Ajar
Pembagian wilayah waktudi Indonesia.
VII. Tujuan Karakter
1. Religius
2. Disiplin
3. Kerja Keras
4. Kreatif
5. Bertanggung Jawab
VIII. Strategi Pembelajaran
a. Pendekatan : CTL, PAKEM, EEK
b. Model : Pembelajaran langsung
c. Metode : Ceramah, diskusi, Tanya jawab
IX. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a. Mengucap salam lalu mengabsen siswa
b. Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
c. Bersama-sama siswa menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
- Guru memperlihatkan peta Indonesia di papan tulis
- Siswa mengamati pembagian wilayah waktu (WIB, WITA, dan WIT) di Indonesia
- Guru menugasi siswa untuk menunjukkan pembagian wilayah waktu Indonesia
(WIB, WITA, dan WIT)
- Mencari selisih waktu WIB, WITA, dan WIT
B. Elaborasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Masing-masing kelompok menulis pembagian wilayah waktu di Indonesia dalam
bentuk LKS
Kelompok I | |||||||
Tulislah nama-nama wilayah pembagian waktu Indonesia bagian Barat (WIB) | |||||||
No. | Nama-nama pembagian wilayah wilayah WIB | ||||||
1 | | ||||||
2 | | ||||||
3 | | ||||||
4 | | ||||||
5 | | ||||||
| | ||||||
| | | | | | | |
Kelompok II | |||||||
Tulislah nama-nama wilayah pembagian waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) | |||||||
No. | Nama-nama pembagian wilayah wilayah WITA | ||||||
1 | | ||||||
2 | | ||||||
3 | | ||||||
4 | | ||||||
5 | | ||||||
| | ||||||
| | | | | | | |
Kelompok III | |||||||
Tulislah nama-nama wilayah pembagian waktu Indonesia bagian Timur (WIT) | |||||||
No. | Nama-nama pembagian wilayah wilayah WIT | ||||||
1 | | ||||||
2 | | ||||||
3 | | ||||||
4 | | ||||||
5 | | ||||||
| | ||||||
| | | | | | | |
C. Konfirmasi
- Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas
- Guru memberikan umpan balik
- Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa
- Guru sebagaimana sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa
- Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpatisipasi aktif
3. Kegiatan Penutup
1. Guru menyimpulkan materi
2. Guru memberikan penilain dan refleksi terhadap kegiatan siswa
3. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dan memberi PR
X. Sarana dan Sumber Bahan
- Buku IPS SD kelas V (bse), Reni Yuliati ade Mudayat
- Peta Indonesia
XI. Penilaian
Teknik penilaian : Test Tertulis
Bentuk Penilaian : Objektif Test
Disusun oleh :
Dra. Ni Ketut Armini
NIP. 196411041988032016
Guru Kelas V Sd No. 11 Jimbaran