SD NO. 11 JIMBARAN, KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG

Motto SD No. 11 Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

SD NO. 11 JIMBARAN, KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

SD NO. 11 JIMBARAN, KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

SD NO. 11 JIMBARAN, KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

SD NO. 11 JIMBARAN, KUTA SELATAN, KABUPATEN BADUNG

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jul 26, 2012

Website yang secara khusus membahas tentang TIK

Website yang secara khusus membahas tentang TIK, tips dan trik komputer dan lain-lainnya yang berhubungan dengan Komputer, oleh karena peran dari pembaca sangat kami butuhkan dalam membangun Website ini, sehingga kita bisa saling berbagi ilmu khususnya Ilmu komputer, segala artikel ini bersumber dari penulis sendiri dan juga dari website lain (tentunya dengan menyebut sumber asal), semoga Website ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
Informasi selengkapnya silahkan kunjungi http://mahir-tik.com/

Jul 25, 2012

Standar Proses Pembelajaran by Dra. Ketut Armini dkk

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan nasional. Visi pendidikan nasional adalah terwujud­nya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas se­hingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Terkait dengan visi tersebut telah ditetapkan serangkaian prinsip penyelenggaraan pendidikan untuk dijadikan landasan dalam pelaksanaan reformasi pendidikan. Salah satu prinsip tersebut adalah pendidikan diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang ber­langsung sepanjang hayat. Dalam proses tersebut diperlukan guru yang memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Implikasi dari prinsip ini adalah pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efisien.

Mengingat kebhinekaan budaya, keragaman latar belakang dan karakteristik peserta didik, serta tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran harus fleksibel, bervariasi, dan memenuhi standar. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan salah satu standar yang harus dikembangkan adalah standar proses. Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi lulusan. Standar proses berisi kriteria minimal proses pembelajaran pada sa­tuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar proses ini berlaku untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah pada jalur formal, balk pada sistem paket maupun pada sistem kredit semester.

Standar proses meliputi perencanaan proses pembelajar­an, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pem­belajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk ter­laksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Selengkapnya >>>Download Now<<<

Jul 20, 2012

SDN 11 Jimbaran Mengucapkan "SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA"

Jul 18, 2012

Jadwal pelajaran kelas TP. 2012/2013 SDN 11 Jimbaran

Jadwal pelajaran kelas V B dan kelas V C tahun pelajaran 2012-2013 Sekolah Dasar Nomor 11 Jimbaran.
Jadwal kelas V B >>>Download Now<<<
Jadwal kelas V C >>>Download Now<<<
Jadwal kelas IV A >>>Download Now<<<
Jadwal kelas IV B >>>Download Now<<<
Jadwal kelas IV C >>>Download Now<<<

JADWAL PELAJARAN KELAS VI TP. 2012/2013 SDN 11 JIMBARAN

Jadwal pelajaran kelas VI A dan kelas VI B tahun pelajaran 2012-2013 Sekolah Dasar Nomor 11 Jimbaran >>>Download Now<<<

Jul 17, 2012

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian

1 Persiapan UASBN

a. Tiga puluh (30 ) menit sebelum ujian dimulai Pengawas Ruang UASBN telah hadir di lokasi sekolah / madrasah penyelenggara UASBN

b. Pengawas Ruang UASBN menerima penjelasan dan pengarahan dari ketua Penyelenggara UASBN

c. Pengawas Ruang UASBN, LJUASBN, Amplop, LJUASBN, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan UASBN

2. Pelaksanaan UASBN

a. Pengawas Ruang UASBN masuk ke dalam ruang UASBN 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang ujian

b. Pengawas Ruang UASBN meminta peserta UASBN untuk memasuki ruang UASBN dengan menunjukkan kartu peserta UASBN, menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan

c Pengawas Ruang UASBN memeriksa setiap peserta UASBN untuk tidak membawa tas , buku atau catatan lain , alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang UASBN kecuali alat tulis yng akan dipergunakan

d. Pengawas Ruang UASBN membacakan Tata Tertib UASBN

e. Pengawas Ruang UASBN meminta peserta ujian menandatangani Daftar Hadir UASBN.

f. Pengawas Ruang UASBN membagikan LJUASBN kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta UASBN ( nomor ujian , nama tanggal lahir, dan tanda tangan ) sebelum waktu UASBN dimulai

g. Setelah seluruh peserta UASBN selesai mengisi identitas , Pengawas Ruang UASBN membuka amplop soal , memeriksa kelengkapan bahan ujian , dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat ( disegel ). Disaksikan oleh peserta ujian .

h. Pengawas Ruang UASBN membagikan naskah Soal UASBN dengan cara meletakkan di atas meja peserta UASBN dalam posisi tertutup ( terbalik ). Peserta UASBN tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu UASBN dimulai.

i. Pengawas Ruang UASBN mengecek kelengkapan soal UASBN.

j. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai , Pengawas Ruang UASBN mempersilahkan Peserta UASBN untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal .

k. Kelebihan naskah soal UASBN selama ujian berlangsung tetap disimpan di ruang ujian.

l. Selama UASBN berlangsung . Pengawas Ruang UASBN wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang UASBN.

m. Pengawas Ruang UASBN dilarang memberi isyarat, petunjuk dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal UASBN yang diujikan.

n. Lima menit sebelum waktu UASBN selesai, pengawas ruang UASBN memberi peringatan kepada peserta UASBN bahwa waktu tinggal lima menit

o. Setelah waktu UASBN selesai, pengawas ruang UASBN mempersilahkan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUASBN dan naskah soal UASBN. Peserta UASBN dipersilahkan meninggalkan ruang ujian, setelah pengawas menghitung jumlah LJUASBN sama dengan jumlah peserta UASBN.

p. Pengawas Ruang UASBN menyusun secara urut LJUASBN dari Nomor Peserta terkecil dan memasukkannya kedalam amplop LJUASBN disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh pengawas ruang UASBN di dalam ruang ujian.

q. Pengawas Ruang UASBN menyerahkan LJUASBN dan naskah soal UASBN kepada Penyelenggara UASBN Tingkat Sekolah /Madrasah disertai dengan Berita Acara pelaksanaan UASBN.

Siswa SDN 11 Jimbaran Harumkan Bali

BERPRESTASI DALAM OLIMPIADE MATEMATIKA NASIONAL DI MEDAN

Sosok I Gede Anjastara Bandem membuat bangga masyarakat Bali. siswa kelas VI SDN 11 Jimbaran, Kuta Selatan ini menorehkan prestasi mengesankan dalam ajang Olimpiade Matematika Nasional, 1-7 Agustus 2010, di Medan, Sumut.
Gede memang mengharumkan nama Bali di perhelatan nasional itu. Ia berhasil menyabet medali perunggu. Hebatnya, anak Bali ini menyisihkan 99 siswa lain dari provinsi di Tanah Air. Gede menyukai pelajaran matematika. Ini dibuktikan melalui prestasinya dalam kompetisi matematika sejak disekolahnya. Ia selalu menduduki peringkat terbaik. Apalagi, saat seleksi utusan Bali untuk mengikuti ajang olimpiade matematika di helat belum lama ini. Gede terus berhasil menyodok kepuncak tangga juara. Sejak babak penyisihan di kecamatan, kabupaten, maupun provinsi, Gede meraih juara I.
SDN 11 Jimbaran tidak hayna bangga dengan Gede Anjastara. Sekolah ini mengoleksi banyak anak berprestasi lainnya. Sebelumnya I Wayan Gede Sutasoma, seorang siswanya meraih medali emas dari lomba CI/BI Tingkat Nasional. Ada pula sederet jenis dan kategori lomba lainnya, seperti : Lomba Calistung, Lomba Dharma Widya, Lomba Siswa Berprestasi, Lomba Renang, Pertandingan Pencak Silat, Pertandingan Tenis Meja, Pertandingan Bulu Tangkis, Lomba Menari.
Gede anjastara didampingi orang tuanya Drs. I Nyoman Marteja dan Ni Ketut Sri Ermanik, guru pendamping, tidak lupa Kepala SDN 11 Jimbaran, Dra. Ni Made Nuratih. Nuratih menerapkan siswa kekeluargaan dalam mengelola sekolah tersebut. Manfaatnya bagus untuk menjalin hubungan erat antara guru, siswa, dan orang tua murid. Istri Lurah Benoa, Badung, Drs. I Wayan Solo, ini, disegani dan dicintai kalangan siswanya. Nuratih selalu memotivasi siswa dan guru agar bisa berprestasi membanggakan sekolahnya dan masyarakat Bali.
Nuratih berharap, anak didik maupun tenaga pendidik di sekolahnya bakal terus mengukir prestasi mengesankan pada masa depan. Ini dimungkinkan karena manajemen sekolahnya telah memberikan perhatian dan fasilitas untuk kemajuan proses pemelajaran. Sekolah dasar ini bahkan bukan sekali dua kali memperoleh kesan positif sebagai sekolah bermutu. Banyak sekolah dari luar Bali mengakui itu. Kunjungan studi banding antar sekolah di lembaga pendidikan ini menjadi buktinya.

OSN IX di Medan "BALI RAIH EMPAT EMAS"

Dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) IX di Medan, Sumut, 1-7 Agustus 2010, para pelajar Bali kembali berjaya. Di Tingkat SMA, duta Bali mampu mencetak tiga medali emas, dua perak dan dua perunggu. Dari ketiga emas yang diraih, dua disumbangkan dalam bidang Fisika dan satu medali dibidang Ekonomi. Dua medali perak diraih dalam bidang Fisika dan Ekonomi dan dua medali perunggu diraih dalam bidang Ekonomi dan Astronomi. Di Tingkat SD, Bali mencetak satu medali emas di bidang IPA, sedangkan di tingkat SMP, Bali hanya meraih empat medali perunggu.
Di Tingkat SD, Bali mendapatkan 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Medali emas disumbangkan siswa SD Lab Undiksha Singaraja atas nama I Putu Bhargo Abhimana Krisnanda di bidang IPA. MEdali perak diraih Gede Parisudha Tegeh Putra SDN 3 Banjar Jawa Singaraja (IPA), medali perunggu diraih I Gde Anjastara Bandem SDN 11 Jimbaran Badung (Matematika).
Ketika dihubungi Senin (9/8) kemarin, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olharaga (Disdikpora) Bali Wayan Suasta, S.H. bersyukur bahwa Bali tiap tahun selalu berhasil meraih medali emas, walaupun jumlahnya relatif. Kabid Dikmen Disdikpora Kota Denpasar Drs. Wayan Supartha, M.Pd. mengatakan Disdikpora terus mendorong semua sekolah agar ikut berpatisipasi dalam ajang OSN atau sejenisnya. Prestasi yang diperoleh ini mencerminkan prestise sekolah dan pendidikan di Bali.

Blog Kumpulan Ilmu | Contoh Makalah/Artikel | Seputar Informasi Terkini

Blog Kumpulan Ilmu | Contoh Makalah/Artikel | Seputar Informasi Terkini

Silakan klik link diatas untuk menuju ke homepage atau klik link dibawah untuk menuju langsung ke posting >>>LINK<<<

DATA SISWA BERPRESTASI SISWA SD NO. 11 JIMBARAN

DATA SISWA BERPRESTASI SISWA SD NO. 11 JIMBARAN

Contoh Surat Ijin Berkunjung

Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai sejarah khususnya yang berada di Bali, maka dipandang perlu untuk memperkenalkannya secara langsung kepada siswa. Oleh karena itu kami SDN 11 Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung bermaksud untuk berkunjung ke Istana Presiden Tampak Siring pada hari kamis, 7 Juni 2012 dengan jumlah rombongan 7 bus ( ±285 orang ).

Selengkapnya >>Download Now<<

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

I. Identitas
Nama Sekolah : SDN 11 Jimbaran
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/IAlokasi Waktu : 2 x 35 menit

II. Standar Kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

III. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

IV. Indikator pencapaian kompetensi
1.1.1 Mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia
1.1.2 Menunjukkan nama-nama organ pernapasan pada manusia
1.1.3 Menulis nama-nama organ pernapasan pada manusia
1.1.4 Menjelaskan fungsi organ pernapasan pada

manusia

V. Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi organ pernapasan pada manusia
- Menunjukkan nama-nama organ pernapasan manusia
- Mencatat nama-nama organ pernapasan manusia
- Menjelaskan fungsi organ pernapasan manusia

VI. Materi AjarAlat pernapasan pada manusia

VII. Tujuan Karakter
1. Disiplin
2. Kerja Keras
3. Kreatif
4. Mandiri
5. Rasa ingin tahu
6. Bertanggung jawab

VIII. Strategi Pembelajarana. Pendekatan : CTL, PAIKEM, EEK
b. Model : Pembelajaran langsung
c. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab

IX. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan (5 menit)
- Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan diajarkan
- Menjelaskan tujuan pembelajaran

/kompetensi dasar yang akan dicapai
- Menyiapkan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
2. Kegiatan Inti (30 menit)
A. Eksplorasi
- Siswa mengamati model (gambar) saluran pernapasan manusia
- Siswa menunjukkan organ pernapasan manusia melalui gambar
- Siswa mencari informasi mengenai nama-nama organ pernapasan manusia
- Siswa dapat menyebutkan fungsi organ pernapasan pada manusia
B. Elaborasi
Melalui lks siswa dapat menulis nam
a-nama organ pernapasan manusia

C. Konfirmasi
- Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
- Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber- Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar
- Guru berfungsi sebagai narasumber dan fasalitator dalam menjawab pertanyaan
yang mengalami kesulitan belajar
- Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpatisipasi aktif
- Guru menyimpulkan materi tentang alat pernapasan pada manusia
3. Kegiatan Penutup- Bersama peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
- Memberikan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan siswa
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dan member PR

X. Sarana dan Sumber Bahan
- Buku IPA kelas V, Yudhistira
- Gambar alat pernapasan manusia

XI. Penilaian
Teknik penilaian : Test tertulis
Bentuk penilaian : Objektif test


Disusun oleh :

Dra. Ni Ketut Armini

NIP. 196411041988032016

Guru SD No. 11 Jimbaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

I. Identitas
Nama Sekolah : SDN 11 Jimbaran
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1x pertemuan)

II. Standar Kompetensi
1. Menghargai peninggalan dan berbagai tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Buddha dan Islam. Keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

III. Kompetensi Dasar
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.

IV. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1 Mengidentifikasi pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
1.3.2 Menunjukkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
1.3.3 Menyebutkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia

V. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan peta Indonesia, siswa dapat menjelaskan dasarpembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
2. Menunjukkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia
3. Menyebutkan pembagian wilayah waktu (WIB,WITA dan WIT) di Indonesia

VI. Materi Ajar
Pembagian wilayah waktudi Indonesia.

VII. Tujuan Karakter
1. Religius
2. Disiplin
3. Kerja Keras
4. Kreatif
5. Bertanggung Jawab

VIII. Strategi Pembelajaran
a. Pendekatan : CTL, PAKEM, EEK
b. Model : Pembelajaran langsung
c. Metode : Ceramah, diskusi, Tanya jawab

IX. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a. Mengucap salam lalu mengabsen siswa
b. Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
c. Bersama-sama siswa menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
- Guru memperlihatkan peta Indonesia di papan tulis
- Siswa mengamati pembagian wilayah waktu (WIB, WITA, dan WIT) di Indonesia
- Guru menugasi siswa untuk menunjukkan pembagian wilayah waktu Indonesia
(WIB, WITA, dan WIT)
- Mencari selisih waktu WIB, WITA, dan WIT

B. Elaborasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Masing-masing kelompok menulis pembagian wilayah waktu di Indonesia dalam
bentuk LKS

Kelompok I

Tulislah nama-nama wilayah pembagian waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

No.

Nama-nama pembagian wilayah wilayah WIB

1

2

3

4

5

Kelompok II

Tulislah nama-nama wilayah pembagian waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

No.

Nama-nama pembagian wilayah wilayah WITA

1

2

3

4

5

Kelompok III

Tulislah nama-nama wilayah pembagian waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

No.

Nama-nama pembagian wilayah wilayah WIT

1

2

3

4

5


C. Konfirmasi
- Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya ke depan kelas
- Guru memberikan umpan balik
- Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa
- Guru sebagaimana sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa
- Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpatisipasi aktif
3. Kegiatan Penutup
1. Guru menyimpulkan materi
2. Guru memberikan penilain dan refleksi terhadap kegiatan siswa
3. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dan memberi PR

X. Sarana dan Sumber Bahan
- Buku IPS SD kelas V (bse), Reni Yuliati ade Mudayat
- Peta Indonesia

XI. Penilaian
Teknik penilaian : Test Tertulis
Bentuk Penilaian : Objektif Test

Disusun oleh :

Dra. Ni Ketut Armini

NIP. 196411041988032016

Guru Kelas V Sd No. 11 Jimbaran

DAFTAR ISI



By COMANK